Berawal dari baca blognya Mae, dan blognya Fanny gw terinspirasi untuk melakukan gerakan ini: Sekotak Susu untuk Anak Jalanan. [sok sosial banget ya gw…] :p At least hal ini bisa dimulai dari diri gw sendiri.

Yup, yang dimaksud dari gerakan “Sekotak Susu untuk Anak Jalanan” –btw, nama gerakannya masih belum fix, ini karangan gw aja-adalah gak ngasih duit buat mereka yang meminta2 di perempatan jalan, atau dimana pun itu. Terutama mereka yang masih dalam masa anak2-yang harusnya sedang belajar di sekolah. Sebagai penggantinya, berikanlah sekotak susu. Atau, kalo gak punya, bisa diganti yang lain, misalnya biskuit dan buah. Bukan duit, yang ujung-ujungnya jatuh ke tangan preman yang mengkreasikan anak-anak kecil tersebut. Bukan duit, yang nantinya buat beli minuman keras. Bukan duit, yang nanti buat beli rokok. Dengan uang kalian, mereka akan tetap di perempatan jalan, meminta-minta.

Dari yang gw baca, sebenernya mereka punya keinginan untuk bersekolah, bahkan mereka lebih matang dari kita-yang hidup serba ada dengan orang tua-karena mereka tau susahnya mencari uang, kejamnya kehidupan. Mereka lebih percaya diri. Yang masih punya semangat besar, bahkan berusaha mencari sekolah gratis, dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya mereka bekerja serabutan seperti membersihkan mesjid, mencari barang rongsokan dan sebagainya. Demi mengejar cita-cita menjadi polisi atau insinyur.

So, that day, sebelum gw mo belanja bulanan ke Griya, gw ambil sekotak susu dari kulkas. Kebetulan sudah ada.

Bener aja, waktu ngantri di tukang Cimol, ada anak kecil umur 8 tahun an, menyodorkan gelas Aqua yang kosong ke gw. Bukannya ngasi duit tapi gw kasi Sekotak Susu. gw kira anak itu bakalan bingung. Tapi malah senyum. “Nuhun teh.” Kata anak itu.

Di dalem angkot balik dari Griya, eh, ada yang minta-minta lagi. Yang satu ini lebih belia, sekitar 6 tahun. Anak kurus botak berbaju kuning ini membawa kayu yang dipaku dengan tutup botol, yang ditepok2an sambil bernyayi lirih. Gak inget deh nyanyi apa. Lebih mirip nggumam. Karena gak ada susu lagi. Gw bongkar belanjaan gw. Apa kira2 yang bisa dikasih… hmmm… akhirnya gw robek plastik jeruk gw. Ambil satu buah. Trus kasih deh ke anak itu. Aha! Mission accomplished!

Anak Jalanan dapet Kata Kata MotivasiAnak Jalanan Dapet Kata Kata Motivasi


Besok besok, gw pikir, gw bakal nyelipin kertas yang tulisannya “Sekolah yang Rajin ya dek” atau selipin pengetahuan2 umum yang menarik, yang jelas semoga bisa mengingatkan mereka kembali akan pentingnya pendidikan buat melanjutkan hidup.

Waktu itu, mae, gw, fany, vidya sempet ngumpul n ngobrol tentang kelangsungan gerakan ini. Sebagai langkah awal, kita mo bikin nama, visi n misi. Trus… ngumpulin masa lewat dunia maya. Klo memungkinkan, kita mau bikin sosialisasinya langsung di jalan. Narik sponsor dan sebagainya. Maklum, we are a twenty something girl. Masih menyimpan semangat yang meluap2. Hueheuheue…

Street Children

Pengamen Kecil

Whoever, wherever, whenever you read this article guys… and think that this might be good for those street childrens, for our next generation, for this country. Please do this simple thing. And yet, tell this to your friend. Karena efeknya juga baru terasa kalo kita sama-sama melakukan ini. Sebelum pergi keluar rumah, ingat, bawalah sekotak susu dalam tas kamu. gak terlalu berat kan?

Even the smallest person in the world can make a change (Arwen, Lord Of The Ring)