Banyak banget yang saya dapet di ‘dunia baru’ saya. ‘Dunia Baru’ means tempat kerja. Yup, Alhamdulillah… saya lagi kontrak buat kerja di PT. INTI di divisi JIT, menjadi bagian dari proyek Sparelog, posisi Software dan Database… Sebagian pelajaran tersebut, khusunya yang berkaitan dengan teknis, adalah pengetahuan tentang menjadi Database Administrator yang sebenar-sebenarnya. Suatu pekerjaan yang belum terbayangkan prakteknya sewaktu masih jadi mahasiswa :p. Berikut saya kasi sedikit perkenalan mengenai barang barang baru yang saya jumpai dan geluti on these recent days…

TOAD

Nah, ini tools yang sangat berguna dan sangat mudah digunakan untuk melakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan basic administration. Sama powerfull nya dengan melakukan di SQL Plus. Bedanya, klo pake TOAD kita gak perlu ngetik. Tinggal klik… klik… klik… beres.😀 mau lihat isi data table, mau lihat detail kolom setiap table, fungsi, procedure, trigger, sequence, tinggal klik. Tapi suatu saat kita memang masih perlu mencoba2 sintaks atau query yang lebih afdhol klo diketik, jangan kuatir… di TOAD juga ada tiruan layar SQL Plus untuk mencoba query2 tersebut. Waktu di kampus belom diajarin ‘mainan’ ini. Coba klo udah ya… saat2 praktikum pasti akan terasa lebih mudah hwhwhhww… Gak salah kalo ada yang bilang TOAD itu… ‘Tools All In One untuk DBA’.

Kegiatan yang paling sering-atau bisa dibilang rutin-kamu lakukan sebagai seorang DBA adalah mengekspor/mengimpor dari/ke server, tujuannya agar kita bisa melakukan perubahan2 database tanpa perlu khawatir akan merusak database yang asli. Dan pekerjaan ini bisa dengan mudah dilakukan dengan TOAD.

ORACLE DEVELOPER

Oracle developer digunakan untuk membuat aplikasi/interface sebagai perantara user dan database. Setara dengan visual studio, Delphi dan kawan-kawan. Pendekatan saya ke oracle developer gak sekenceng pendekatan saya ke TOAD, karena saya sekarang lebi focus pelajari whats-really-going-with-the-business-process, dimana saya harus beradaptasi dengan istilah2 yang dipake di Sparelog, struktur table databasenya dan terakhir… baru aplikasinya.

ERwin

Nah klo Erwin berfungsi untuk mendesain database, khususnya Physical design. Pake Erwin kita bisa mengenerate dari database ke dalam bentuk diagram atau sebaliknya. Kita juga bisa melakukan perubahan pada struktur database dengan mudahnya, karena tampilannya berupa ‘diagram’. Kita bisa merubah kolom tabelnya, menambah atau menghapus table, merubah constraint dan lain lain. And automatically… database nya juga ikutan berubah.

Oh iya, menjawab postingan saya yang ‘I Want To Break Free’, ternyata… sampai saat ini saya enjoy menjalani peran saya sebagai karyawan. Memang… manusia itu harus selalu belajar, dan berani keluar dari ‘ruang nyaman’ nya. Hasilnya… saya sekarang melanglang buana dengan cara yang beda, yang dikasi sama Tuhan buat saya. Yang sebelumnya, saya pikir melanglang buana hanya bisa dirasakan dengan jalan-jalan. Hehehe… Asal hati kita terbuka, pelajaran2 atau pandangan2 hidup bisa kita lihat melalui pengalaman yang sederhana. J

Huaaaa…. Dats all for today. nice to have this writing. Have a nice work n keep giving ur best effort ! Bubye.