Waktu saya ulang tahun, Ikhi memberikan kado buku tebal berjudul “1001 Natural Wonders You Must See Before You Die”. Apaa?? Seribu satu?? Hehehe… Nah karena 1001 kebanyakan, maka saya merumuskan menjadi 7 saja. Yup, 7 tempat-tempat indah ciptaan Yang Maha Kuasa yang ada di atas planet biru ini, yang harus saya kunjungi selama saya hidup !

The Book

The Book



7 natural wonders tersebut dipilih berdasarkan beberapa kategori, Beach, Canyon, Cave, Lake, Mountain, Reef dan Falls. Ingat, ini versi saya ya, pilihannya bisa sangat subyektif, wong semau-mau saya. =)

Beach, the Maldives, Maldives

The Maldives, unik.supericsun.com

The Maldives, unik.supericsun.com

Terletak di Laut Indian, barat daya dari Sri Lanka, Maldives terdiri dari 1190 pulau yang tersebar di garis ekuator. Kepulauan ini memiliki 26 atol, masing-masing berbentuk cincin terumbu karang berupa laguna dangkal. Yang namanya laguna, langsung terbayang pantai yang lautnya berwarna biru atau hijau tosca… dan pantai berpasir putih. Wiiiiiii… Selain pantai, Maldives juga punya underwater sight yang oke, terumbu karang nya kaya akan koral, ikan dan makhluk laut yang aneh. Yuk Ikhi, kita kesini. ^^

Canyon, Wulingyuan, China

Wulingyuan, english.51766.com

Wulingyuan, english.51766.com

Keindahan daerah Wulingyuan terletak pada 3000 pilar batu karst, jurang, kolam, sungai dan ngarai yang sering tertutup kabut. Kawasan ini berada di iklim subtropis, karena itu memiliki hutan yang lebat. Selain memiliki 40 gua, kawasan ini juga punya 2 jembatan alam yang berada di ketinggian, bernama The Bridge of the Immortals dan Bridge Across the Sky. Kawasan ini masih sangat alami karena keterbatasan akses. Whoa, sepertinya butuh perjuangan juga buat sampai disini.

Cave, Eisriesenwelt, Austria

Eisriesenwelt, hierophant.com.br

Eisriesenwelt, hierophant.com.br

Sudah biasa dengan gua batu kapur seperti yang ada di Indonesia, maka saya pilih gua es sebagai tujuan bercaving selanjutnya, hehehe… Eisriesenwelt, merupakan jaringan es terbesar di Eropa. Gua ini berada di ketinggian 1500 mdpl, setiap air hujan yang masuk ke dalam gua ini akan membeku secara permanen. Tour ke dalam gua ini berlangsung selama 1 jam dan pengunjung dianjurkan menggunakan baju hangat karena suhunya nol derajat Celcius.

Falls, Niagara Falls, Canada

Niagara Falls, unforgettablecanada-yosua.blogspot.com

Niagara Falls, unforgettablecanada-yosua.blogspot.com

Kalau ngomongin the-most-famous nya air terjun, apalagi kalau bukan Niagara Falls. Tingginya 55 m dan lebarnya 671 meter. Niagara Falls punya 2 air terjun yang dipisahkan Goat Island, The American Falls di sebelah timur dan The Canadian Horseshoe Falls di sebelah barat. Airnya berasal dari Danau Erie, yang mengalir sejauh 35 km sebelum sampai di Niagara Falls dan berakhir di Danau Ontario. Pengunjung bisa menggunakan perahu baik dari Canada maupun US di dalam tour yang disebut The Maid of The Mist.

Lake, Lake Toba, Indonesia

Lake Toba, surabayatravel.co.id

Lake Toba, surabayatravel.co.id

Eaaa.. Ini sepertinya target paling mudah diantara yang lain. Hehe.  Menurut buku ini, Danau Toba mulai terbentuk 75.000 tahun yang lalu, saat terjadi gunung meletus yang hebat. Saking dahsyatnya, peristiwa ini juga disebut-sebut  merubah perjalanan evolusi manusia, karena bukti DNA menyatakan, peristiwa ini mengurangi 10.000 individu manusia di dunia. Kemudian, gunung yang meletus tersebut menjadi kaldera yang sekarang kita kenal sebagai Danau Toba, salah satu danau terdalam di dunia. Kubah kaldera kemudian naik dan membentuk sebuah pulau ditengah danau yang lebih luas daripada Singapura.

Mountain, the Matterhorn, Switzerland

The Matterhorn, kpapelangi.blogspot.com

The Matterhorn, kpapelangi.blogspot.com

Bentuk gunung ini unik, puncaknya seperti pyramid. Batu yang membentuk menjadi gunung ini dimulai dari 50ribu tahun lalu oleh peristiwa pergerakan bumi, yaitu saat benua Afrika menabrak benua Eropa. Cekungan di gunung ini mempunyai tumpukan es dan salju yang membentuk gletser. Hrrrr… Katanya sih.. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang paling banyak menewaskan pendaki. Walaupun begitu, sebanyak 200 pendaki mencapai puncak setiap tahunnya, dimana setiap saat hanya 100 pendaki yang boleh berada di gununug.

Reef, Belize Barrier Reef, Belize

Belize Barrier Reef, reginapurana.blogspot.com

Belize Barrier Reef, reginapurana.blogspot.com

Panjang batu karang di Belize Barrier Reef adalah 250 km. Batu karang ini sejajar dengan pantai dari perbatasan Belize dan Meksiko di Utara, sampai dengan Guatemala di Selatan.  Dari 200 pulau yang dimiliki Belize Barrier Reef, yang paling favorit adalah Caulker dan Ambergris. Airnya jernih untuk menyelam dan senorkling, walaupun para penyelam harus berhati-hati dengan fire corals yang bisa menyengat. Beberapa spesies, seperti angelfish dan parrotfish biasa ditemukan disini, juga ikan-ikan besar seperti barracuda, hiu dan manta-rays.

***

Sekian catatan impian saya. Natural Wonders I Must See Before I Die? Siapa takut ! =)