Okay, you can blame me because I was so late writing this post… Tapi memori nya masih melekat di hati dan kepala saya. Karena saya sedang menyetel rekaman latihan gamelan 3 bulan yang lalu. Hehehe… 

Learn Gamelan

Saya pribadi punya prinsip kalau… di setiap perjalanan yang saya lakukan, saya harus melakukan sesuatu. Bukan sekadar datang dan melihat. Karena dengan melakukan, akan lebih terasa experience nya. Maka saya dan Fanny memutuskan untuk mengisi hari kedua liburan di Jogja dengan belajar gamelan. Janji bertemu dengan Mas Gito di sebuah sanggar gamelan yang sekaligus sanggar kerajinan perak jam 10 pagi. Wah ternyata Fanny lebih berpengalaman, dia sudah pernah belajar gamelan sebelumnya, saya belum.

Fanny playing Bonang

Fanny playing Bonang


Peralatan musik gamelan ini sangat banyak. Untuk memulai, kami diminta untuk mencoba salah satunya dulu. Saya belajar Dengung. Fanny belajar Bonang. Dengung punya lempengan-lempengan persegi yang berjejer, dan punya nada sendiri kalau dipukul. Sedangkan Bonang seperti mangkuk terbalik, stik nya ada dua, jadi tentunya perlu konsentrasi lebih untuk memainkan Bonang.

Kami juga diberi buku kumpulan lagu yang biasa dimainkan dengan musik Gamelan. Satu baris lagu, ada 3 baris panduan nada, satu untuk dengung, satu untuk bonang, dan satu lagi untuk gendang. Beberapa lagu kami mainkan, Lancaran Brindi, Lancaran Singo Nebak, Lancaran Manyar Sewu, Lancaran Kebo Giro. Kami juga mencoba semua alat, Bagong Ngamuk, Kempul, Gong dan Gendang. Yang paling seru dan susah adalah main gendang. Kombinasi pukulannya susah di intro dan di punutup lagu. Ya gitu deh! =D

Teng… tong… teng… dung….

Begitu syahdu… anggun… dan sekaligus bikin ngantuk. Bukannya bosan atau tidak suka. Tapi rentetan nada musik gamelan tidak ada klimaksnya. Nadanya selalu berulang-ulang. Apalagi ditambah tiupan angin semilir di desa. Hoaaammhh… Otomatis jadi gak konsen, salah nada, dan diketawain Mas Gito dan asistennya. Ampun Mas hehehe…

Bagus juga buat nambah wawasan dan keahlian. Mau coba?

***

Price Rp. 75.000,- Contact Sugito Hadi Supadma Telephone 085292990929 Email sugitohs@yahoo.co.id Place Kota Gedhe Transport Bus Trans Jogja