Hari Sabtu, 14 April 2012, nan cerah ini, saya berkunjung ke salah satu museum yang ada di Jakarta Pusat. Namanya Museum Nasional, terletak di Jalan Merdeka Barat, dekat Monas, dan lebih beken disebut Museum Gajah.

Gedung Gajah

Gedung Gajah



Terakhir saya datang ke museum ini waktu masih SD. Saat itu hanya terdiri dari satu bangunan utama saja. Sekarang, setelah dipugar, Museum Nasional diperluas dan beberapa ruangan terasa lebih modern, ber AC, punya eskalator dan lift.

Museum ini memiliki 2 bangunan utama, Gedung Gajah dan Gedung Arca. Di Gedung Gajah ada Ruang Pameran Koleksi Sejarah, Etnografi, Geografi, Prasejarah, Arkeologi dan Numismatik. Sedangkan di Gedung Arca, ada Koleksi Emas dan Keramik Asing, Organisasi Sosial dan Pola Pemukiman, Ilmu Pengetahuan, Ekonomi dan Teknologi dan Manusia dan Lingkungan. Dengan berkunjung ke Museum ini seharusnya dapat paket super lengkap tentang pengetahuan nasional. Apakah itu yang terjadi?

Gedung Arca

Gedung Arca

Ada beberapa jenis pengunjung yang saya temui di museum ini. Wisatawan asing, domestik, keluarga, berpasangan, gerombolan anak muda, rombongan anak TK dsb. Beberapa orang saya wawancarai informal mengenai pendapatnya tentang museum.

Saya berkeliling museum pada pukul 2 siang itu. Nampaknya museum sudah tidak seramai tadi pagi. Ruangan Koleksi Ilmu Pengetahuan bahkan lengang. Justru pengunjung banyak yang duduk-duduk di beranda depan museum.

Ingin lebih tau tentang museum ini, saya mencoba mencari brosur atau semacamnya di bagian informasi. Menurut bapak satpam, sudah habis. Waduh… Kemudian saya berharap ada pemandu yang bersedia menemani saya keliling museum. Dan menjelaskan tentang arca yang bertebaran di museum ini. Karena saya sama sekali nggak paham dengan ilmu purbakala. Namun menurut bapak satpam tidak ada tenaga pemandu di museum ini.

Kecuali kalau anda datang dengan jasa travel, mungkin ada pemandu nya. Kalau tidak, jangan terlalu berharap.. Jadilah saya mutar mutar museum, foto foto, naik turun eskalator, foto foto, sedikit membaca tag tentang rumah tradisional, dan foto foto… Dan foto foto…

Seharusnya museum ini bisa memberikan nilai yang lebih. Koleksinya lengkap. Ruangannya nyaman. Walaupun ada ruangan yang agak gelap sehingga terkadang membuat anak kecil takut. Menurut saya akan sangat baik jika disediakan pemandu yang bisa menemani pengunjung. Keluar duit lebih gak masalah.

Sehingga yang datang ke museum bukan sekedar berekreasi, tapi juga dapat ilmu.🙂