3 tahun belakangan ini teman-teman sekantor di bawah asuhan manajer saya rutin mengadakan jalan-jalan setiap tahun sekali. Tahun pertama ke Goa Buni Ayu dan rafting. Tahun kedua ke Pulau Harapan. Dan tahun ketiga ke pulau Bali. Saya selalu jadi PIC nya. Sadar nggak sadar ternyata saya lumayan berbakat lhooo jadi trip planner *sombong (kalau ada yang butuh EO buat jalan-jalan silahkan kontak saya dengan harga bisa dinego hehehehe).


Menjadi Trip Planner itu ada susah ada senangnya. Susah karena jadi seksi segala sibuk untuk semua urusan perjalanan. Senang kalau perjalanannya sukses dan dapat feedback positif dari peserta trip. Yang suka jadi trip planner gimana, setuju gak?😀

Ada beberapa prinsip pribadi yang selalu saya gunakan saat sedang menjadi trip planner. Berikut diantaranya, yang semoga bisa jadi masukan buat pembaca yang budiman.

Plan to Actually ‘Do Something’

Play Banana Boat in Bali

Play Banana Boat in Bali

Saya selalu mengingat-ingat untuk memasukkan rencana dimana peserta trip benar-benar melakukan sesuatu. Bukan melihat. Bukan menyaksikan. Bukan mendengarkan. Bukan mengamati. Contoh yang saya maksud dengan ‘Do Something’ adalah berenang, menanam, mendaki, membajak sawah dsb. Dengan ‘do something’ peserta trip diajak untuk benar-benar mengalami sesuatu dari perjalanan itu.

Saat merencanakan trip ke Bali saya agak bingung untuk memasukkan unsur ini ke dalam jadwal karena waktunya sempit dan dana terbatas. Sedangkan pilihan wisata di Bali kebanyakan menyaksikan tarian-tarian tradisional dan mengunjungi pura-pura. Kalau hanya itu kegiatannya, gak asik. Tapi akhirnya bisa saya masukkan kegiatan seperti belajar surfing, berenang di pantai Pandawa, watersport dan Spa. Even boys do Spa… And they love it. I was amazed my self. In coclusion, this principal is often works.

Plan Something Unusual

Hey Trip Planner, I advice you to plan something that is unusual, innovative, first timer. Asik kan kalau sepulang nya dari trip bisa nyombong… “Lo udah pernah caving di goa Buni Ayu belom? ” “Mmmm… Belom.” “Gw udah pernah dongggg…” Selalu menyenangkan menjadi orang yang pertama melakukan. Jadi silahkan cari kegiatan-kegiatan yang masih jarang dilakukan oleh teman-teman sekitar kamu.

Plan to do Social Activity

Plant Mangrove at Harapan Island

Plant Mangrove at Harapan Island

Jika daerah yang akan kamu kunjungi masih memungkinkan untuk melakukan kegiatan sosial, so make it happened! Contohnya saat saya dan teman-teman sekantor ke Pulau Harapan kami menyempatkan diri untuk menanam pohon Bakau dengan uang yang kami keluarkan sendiri. Murah loh, cuma Rp. 10ribu untuk satu bibit pohon bakau. We have a really good time planting those trees and help to save the island. Not bad heh?

Tapi karena ini tidak primer dan jangan sampai kesenangan dari trip itu sendiri terkesampingkan, jangan sampai rencana ini terlalu menghabiskan waktu dan tenaga peserta.

***

So… Lets start to make a trip plan !🙂