You are currently browsing the tag archive for the ‘enak’ tag.

Sekalian nyobain fitur barunya wordpress-POLLS. huheheuheu… thankyu fro the answer… ^_^ Really appreciate it.

Nama nya aneh ya? Hehehe… makanan ini cocok buat yang addicted sama pedes. Yaa… bisa disesuaikan si pedesnya. Tapi klo gw mah cabe 5 wajib. Hehehe… Setau gw, ini makanan khas Lombok punya. Satu paket sama menu Taliwang. Dihidangkan bareng ayam bakar taliwang, pelecing kangkung, ayam pelalah, telur angsa dadar, sate lilit, ikan nila goreng… UUUUWWWOOOOOHHHH, Gosh! gw tiba2 pengen balik ke Lombok.

Masakan taliwang

Masakan Taliwang di Rumah Makan Suranadi

Tapi gak melulu bareng menu Taliwang kok, seinget gw kebanyakan rumah makan dan warung kaki lima di Lombok rata2 udah siap Beberok sama Pelecing kangkung. Misalnya, di warung sea food, beberok juga afdhol dimakan bareng cumi goreng atau ikan bakar madu. Bahkan di rumah gw di Semarang kini, beberok selalu siap sedia. Dimasakin sama bibi Senan-chef import asli Lombok hehehe-yang selalu dengan baik hati menyanggupi semua permintaan pelanggan setianya, tidak lain adalah gw, dan seisi rumah gw lah. Lidah kami memang sudah jatuh cinta sama makanan Lombok, dan belum pindah ke lain hati.

Wah kebanyakan promosi neh. Yah, back to the topic. Bikin beberok itu gampang loh. Bisa kamu kamu bikin sendiri di kosan, eh klo punya ulekan ding. Hehehe…

Ingredients (untuk 1-2 orang):

  • Cabe 5 buah. Sesuaikan sama selera kamu.
  • Terasi sepucuk
  • Garem secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Tomat separuh
  • Terong yang bunder, 3 buah
  • Kacang panjang, 2 batang keknya cukup.
  • Bawang merah 1 siung saja
  • Jeruk limo
  • Ulekan 1 saja, jangan banyak2, yes iyes laahh.. Kalo ga punya pinjem ibu kostan.
  • Hati yang senang.

Oke, kalo sudah siap semua. Begini cara membuatnya, ehm ehm…

1. Pertama, cuci tangan, cuci bahan2.

2. siapin sambelnya dulu. Gak beda kok sama sambel tomat mentah biasa. Ulek cabe, terasi, garem, gula, terakhir tomat.

3. Sudah? Nah, bawang merahnya mentah mentah di iris tipis2, trus dicampur ke sambelnya.

4. Rajang terong jadi balok balok kecil. Rajang kecil juga kacang panjang jadi 0.5 cm.

5. Terong dan kacang panjang yang sudah dirajang, dicampur dengan sambelnya.

6. Sentuhan terakhir, kasi perasan jeruk limo.

Siap dimakan dengan nasi putih hangat dan lauk tambahan. UUmmmhhhhhhh

beberok

Ini beberok. maaf fotonya gak fokus. :p

Vidya sama Anita sudah nyoba. Alhasil, walaupun kepedasan hehehe… tapi nambah lagi. Padahal Cuma dimakan pake tahu goreng sama nasi. Aduhhhh, ngeces mulu dari tadi nulis beginian. Udah ah. [besok bikin beberok]

Twitter Updates

  • RT @BillyBoen: Sy menghimbau org2 yg otaknya di dengkul, mohon jangan berkarir di politik. Kasian negara kalo org2 berotak-dengkul yg nguru… 1 month ago
  • Can't sleep because my brain is actively thinking about a lot of things right now ! 1 month ago
  • Jangan lupa berkarya di bidang masing-masing 1 month ago
  • Sudahlah. Tidak usah dikaji dan dibikin prototipe segala. Dihapus dan lupakan saja idenya. Gak masuk akal. #FullDaySchool 10 months ago
  • Adek saya yang SMA, PR nya banyak dan gak berbobot. Setuju sama Pak Bima Arya, yang penting kualitas, bukan kuantitas. #FullDaySchool 10 months ago

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,503 other followers

TODAY’s QUOTE

“The world is a book and those who do not travel read only one page.” – St. Augustine

Categories

Explore Here

Hi ! Anda adalah pengunjung ke...

  • 116,765