You are currently browsing the category archive for the ‘ACOPedia’ category.

wisuda wisuda wisuda...

wisuda wisuda wisuda...

Dengan telah selesainya TA berjudul “Penerapan Algoritma Rank Based Ant System Pada Optimasi Penjadwalan Sumber Daya Proyek” (berikut jurnal TA dan poster TA). Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada :

1. Syukur Alhamdulilah penulis haturkan kepada ALLAH SWT, atas karunia akal dan pikiran, kehidupan penuh warna, dan kehendak bebas yang telah dilimpahkan kepada manusia dalam menjalani peran di muka bumi dan telah memungkinkan penulis melewati babak TA ini dengan baik dan tanpa hambatan yang begitu berarti.
2. Ibu dan Bapak atas perhatian dan dukungan yang gak putus-putus sampai detik ini dan tak pernah terbayangkan bagaimana membalasnya. Mas Risma yang selalu sabar ngayom adek-adeknya, maaf ya mas kalo selalu bikin repot :p. Mika, anak kecil yang selalu jadi sasaran uyel-uyel orang serumah. Rajin belajar ya dek, biar bisa jadi presiden. Terima kasih karena telah menjadi keluarga yang sangat menyenangkan dan selalu menjadi penyeimbang disaat penulis terombang-ambing dengan segala yang ditemukan selama menuntut ilmu, jauh dari rumah.
3. Ibu Warih selaku pembimbing I dan Bapak Adiwijaya selaku pembimbing II (terima kasih kesempatannya untuk mengikuti ICTel), yang selalu memberikan arahan dan semangat luar biasa demi terselesaikannya Tugas Akhir ini.
4. Bapak Sugiharto dan Imam Haryono serta semua responden yang telah memberikan informasi untuk penyelesaian TA ini.
5. Bapak Dana dan Ibu Niken selaku dosen penguji, yang telah memberikan banyak masukan, dan nasehat mengenai Tugas Akhir ini.
6. Keluarga Besar Laboratorium RPL-Multimedia, Mirza terima kasih atas masukan-masukannya mengenai TA ini, Leo, Yoyo, Kak Zeptin, Harry, Bayu, Agung, Vika, Intan, Tari, Amel, Mika, Kak Singgih, Kak Joel, Wanti, Mbak Vidya, Mbak Desty, Mbak Nana, Kak Didit, Bang Rifky, Kak Sendi, Kak Ipoenk, Mbak Pipit, Jenggot dll beserta segala isi laboratoriumnya. Terima kasih atas persahabatan dan kerja samanya selama ini. I’m having such a good time here.
7. Sahabat penulis, para “T” Family, Mega-Teta, Ira-Toti, Inchy-Tita, Leni-Teti, and specially Vidya-Tita, sebagai partner penulis di segala bidang :). Selamat menempuh impian masing-masing, kalian semua perempuan luar biasa :).
8. Teman-teman SMA, Ayi, Tami, Esti atas semangatnya. Ayo, buruan nyusul!
9. Mbak Eni dan Dian teman serumah di Gang Marsani. Walaupun baru 2 bulan, tapi rasanya seperti sudah dianggap saudara sendiri.
10. Penghuni kos Kartika, Mamah, Meta, Putri, Mbak Nuri, Mbak Mita, Alma, Fanny Satu, Fanny Dua, Mae dan lain-lain.
11. Mega, Yunita dan Mirza terima kasih sudah datang untuk menyemangati saat sidang.
12. Para pengusaha cireng Cidomo, Bos Ferdian, Rangga, Kak Deniar, Kak Syahrul (terima kasih juga masukan-masukan dan semangatnya mengenai TA ini), Anita, Vidya, Wawan, Kak Alit, Kak Donald, Ucup, Kak Ucil dan Kak Alin. Sudah pada lulus, kapan jualan lagi? :p
13. Pret, Prit, Prot, Bonong, Kusmin, Mr. Spooky, Kak Dadang, Intan, Vidya, Bayu atas pengalaman mendaki gunung pertama kali dan perjalan ke Garut. Gimana Pulau Sempu?
14. Teman-teman seperjalanan ekspedisi Bandung Selatan, Agung (terima kasih juga kursus singkat Bahasa Inggrisnya :)), Ardi, Devia, Rally, Prima, Leni atas pengalaman yang tak terlupakan.
15. Keluarga besar kakek Djaelani dan keluarga besar kakek Soebadi yang selalu memberikan dorongan, walaupun dari jauh.
16. Pak Iwan, Pak Jack dan Bu Santi yang baik hati dan sabar melayani dan membantu penulis dalam hal administrasi. Pegawai perpustakaan yang-mungkin-bosen melihat penulis mondar-mandir perpustakaan. Serta seluruh dosen serta staf Departemen Teknik Informatika IT Telkom atas semua perkuliahan yang telah saya dapatkan.
17. Warga sekelas IF2803 yang menjadi rekan penulis selama 4 tahun menjalani perkuliahan.
18. Arctic Monkeys, The Cure, The Strokes atas musik yang menemani hari-hari pengerjaan TA.

Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu atas kebaikan yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu. Tapi sesungguhnya Tuhan akan membalas segala kebaikanmu, sekali lagi terima kasih.

Bandung, Oktober 2008
Aruna Anggayasti Priyanto

NB: buat temen2 yang nungguin waktu wisuda (kalo emang ada yang nungguin hehe). Sory banget… waktu itu-habis kelar acara-gak kepikiran apa2, langsung diajak cabut sama ortu. Ya uda d, cabut… sebenernya sedih juga, koleksi fotonya jadi ga lengkap hiks…

Abstract

Project management in the business field is defined as managing and directing time, material, personnel, and costs to complete a particular project. One important phase in the project planning is Project Resource Scheduling. This process identifies resources amount and type according to the activity that scheduled. Planning the efficient use of resources is a complex task. The purpose is to create a smoother distribution of resource usage i.e. to minimize the fluctuation of the resource usage. The resource leveling is used to produce a solution to the problem.

So far, researchers test several heuristic in order to produce the optimal solutions of the problem. In this paper, we discuss an implementation of the Ant Colony Optimization (ACO) to the Project Resource Scheduling Problem (PRSP). To implement the ACO algorithm with a problem, requires defining; an appropriate graph, the autocatalytic feedback process, the heuristic and the constraint satisfaction method.

Keyword : Project Resource Scheduling Problem, fluctuation, resource leveling, ACO

DOWNLOAD FULL TEXT:

ictel-2008-prsp-aco

WRITER’S COMMENT:

It’s just 40% finish of the whole research. Please wait for the next report. And i’m waiting for your responses, critics and discussion. 🙂

What the…?

ACO atau Algoritma semut merupakan algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah optimasi yang terinspirasi dari perilaku semut. Sebut aja Artificial Ant (semut tiruan).

Saat ini sedang banyak dilakukan penelitian terhadap perilaku alam yang mungkin bisa diterapkan untuk mencari solusi pada permasalahan2 optimasi. Kita sudah sering mendengar JST dan Algoritma Genetika yang meniru system kerja tubuh manusia. Perilaku hewan juga ditiru, burung, lebah, angsa… dan algoritma semut hanya salah satunya.

Perilaku Semut Yang Mana?

Pada saat semut menemukan sumber makanan, maka semut perlu menentukan jalur yang terpendek antara sumber makanan dan sarang semut. Disinilah peran teman2 atau ‘koloni’ semut. Pekerjaan menelusuri jalur didistribusikan kepada beberapa agen semut. Pada awalnya semut2 tersebut akan melalui semua jalur yang memungkinkan secara acak. Kemudian jalur yang terpendek pada saat itu dibubuhi jejak, yang disebut dengan pheromone. Pada dunia nyata, pheromone merupakan alat komunikasi berupa hormon yang dikeluarkan oleh semut sebagai penunjuk jalan bagi semut yang lain.

Ilustrasi koloni semut menemukan jalur terpendek untuk mencari makanan

Ilustrasi koloni semut menemukan jalur terpendek untuk mencari makanan

Dengan adanya informasi pheromone, maka semut2 selanjutnya tidak akan berjalan secara acak lagi, namun akan lebih tertarik mengikuti jalur yang ada pheromonenya. Semakin banyak semut melalui suatu jalur, semakin banyak pula jumlah pheromone yang tertinggal di jalur tersebut. Sehingga, lama kelamaan semua semut melalui satu jalur yang seragam, yaitu jalur yang terpendek. Perilaku semut yang seperti ini merupakan salah satu bentuk autocatalytic-suatu perulangan dengan feedback yang positif.

Siapa pencetus Algoritma Semut?

Marco Dorigo

Dorigo Marco. Pada tahun 1992 sebagai thesis PhD nya. Setelah itu banyak dilakukan penelitian mengaplikasikan Algoritma Semut pada berbagai jenis permasalahan optimasi, dan muncul banyak variasi Algoritma Semut.

Macam-Macam Algoritma Semut?

Versi pertama disebut dengan Ant System (AS), yang diaplikasikan pada TSP

– Elitist Ant System (EAS)

– Rank-Based ANt System (ASrank)

– Min-Max Ant System (MMAS)

Ant Colony System (ACS)

– Approximate Nondeterministic Tree Search (ANTS)

– Hyper-Cube Framework for ACO

Dsb

Masing-masing punya karakteristik sendiri2 yang membedakan. Tiap varian cocok untuk jenis permasalahan tertentu. walaupun ada banyak varaisi, basisnya tetaplah AS.

Sudah Diaplikasikan pada Berbagai Macam Kasus

Travelling Salesman Problem (TSP) dan Asymmetric TSP (ATSP)

The Single Machine Total Weighted Tardiness Scheduling Problem (SMTWTP)

The Generalized Assignment Problem (GAP)

Quadratic Assignment Problem (QAP)

Job-Shop Scheduling Problem (JSP)

The Set Covering Problem (SCP)

Network Routing Applications

And many more…

Di TA gw sendiri ACO bakal diaplikasiin pada permasalahan Penjadwalan Sumber Daya Proyek. [TA? glek…]

More Papers…

www.cs.ualberta.ca/~bulitko/F02/papers/IC.06-ECAL92.pdf

http://iridia.ulb.ac.be/pub/mdorigo/journals/IJ.10-SMC96.pdf

http://www.agent.ai/doc/upload/200302/merk00_1.pdf

http://users.ox.ac.uk/~ierc0002/PPSN00.pdf

Twitter Updates

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,503 other followers

TODAY’s QUOTE

“The world is a book and those who do not travel read only one page.” – St. Augustine

Categories

Explore Here

Hi ! Anda adalah pengunjung ke...

  • 117,045